Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo secara alami dan aman? pori-pori dan komedo yang ada pada hidung atau wajah memang sangat mengganggu penampilan anda dan membuat riasan make up anda menjadi tidak rata. Sebaiknya anda harus segera mencari solusi mengenai permasalahan yang satu ini, karena jika dbiarkan lubang pori-pori akan menimbulkan masalah baru bagi kulit. Banyak cara untuk mengatasi permasalahan ini seperti suntik vitamin C berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Pori-pori yang terdapat pada kulit berguna untuk mengeluarkan toksin yang dikeluarkan bersama keringat sekaligus jalan untuk kulit bernafas. Tetapi berbeda halnya jika pori-pori pada kulit wajah terbuka atau besar, sehingga memungkinkan untuk komedo dan jerawat bersarang pada wajah. Lalu bagaimana cara mengecilkan pori-pori pada wajah? kami punya caranya agar pori-pori wajah dapat mengecil, penasaran? Berikut cara-caranya:

Cara Mengecilkan Pori-Pori Secara Alami
mengatasi pori pori besar

Pembersih alami
Mengecilkan pori-pori dengan pembersih alami. Jika memungkinkan, gunakan pembersih makeup alami sebagai salah satu cara mengelupas kulit dengan aman. Hati-hati dengan bahan kimia dalam berbagai produk pembersih wajah yang dapat membuat kulit makin kering. Bahkan busa dan aroma pada pembersih justru dapat menyebabkan peradangan kulit. Selanjutnya cuci wajah dengan air hangat, bukan air panas. Terakhir, keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk lembut. Menggosokkan handuk justru dapat merusak kulit, terutama pada kulit sensitif. Selesaikan dengan menggunakan pelembap untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah, sekaligus memperkecil pori-pori.

Pengelupas kulit
Exfoliant merupakan salah satu produk pengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan minyak yang menutup pori. Pengelupas alami lainnya adalah scrub alami yang terbuat dari paduan teh hijau, madu, dan gula halus. Produk pengelupas dalam bentuk krim, gel, hingga pembersih kulit yang dilengkapi dengan butiran kecil untuk mengelupas kulit juga dapat dibeli secara bebas. Ikuti aturan pakai yang tertera pada produk yang Anda pakai. Jangan lupa mengakhiri perawatan dengan menggunakan pelembap.

Masker tanah liat
Oleskan masker tanah liat setelah wajah dibersihkan. Coba oleskan dulu pada area terbatas untuk melihat reaksi. Jika tidak terjadi reaksi negatif, lanjutkan dengan mengoleskan pada seluruh wajah. Fokuskan pada bagian pori-pori tampak besar. Biarkan selama setidaknya 15 menit atau selama waktu yang tertera di kemasan. Cuci wajah dengan air hangat dan keringkan dengan menepuk-nepuk handuk pada wajah. Masker berperan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan mengangkat kotoran dari pori serta mengurangi peradangan pada kulit sehingga membuat pori tampak mengecil. Selain masker tanah liat, Anda juga dapat menggunakan masker alami buatan sendiri yang terbuat dari yogurt.

Menyamarkan pori-pori dengan riasan
Setelah dibersihkan, olesi wajah dengan moisturizer untuk mencegah iritasi dan peradangan yang berisiko menyebabkan pori tampak besar. Oleskan pelembab dengan warna sesuai dengan kulit. Gunakan concealer untuk menyamarkan pori dengan lebih sempurna. Pastikan untuk membersihkan riasan di akhir hari agar makeup tidak berisiko menyumbat pori-pori. Selain itu, untuk mengecilkan pori-pori, anda juga bisa menggunakan cream wajah seperti ms glow untuk jerawat yang manfaatnya tidak hanya untuk mengecilkan jerawat saja, melainkan juga bisa mengecilkan pori-pori secara optimal.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
cara menghilangkan komedo

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai cara menghilangkan komedo, terlebih dahulu kita harus tahu apa itu komedo dan apa saja yang menjadi pemicu terjadinya komedo. Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah yang biasanya terakumulasi disekitar area hidung, mata dan pipi. Sama seperti jerawat, komedo timbul akibat adanya penyumbatan pada pori – pori kulit wajah yang disebabkan oleh minyak, kotoran maupun sel kulit mati. Hanya saja komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana jerawat.

Ada banyak cara untuk menumpas komedo yang membandel baik itu untuk menghilangkan komedo hitam maupun komedo putih, dibawah ini adalah tips untuk menghilangkan komedo secara alami menggunakan bahan – bahan yang mudah untuk didapatkan di sekitar lingkungan anda. Pastikan sebelum anda menggunakan cara-cara dibawah ini cuci terlebih dahulu wajah anda hingga bersih. Berikut Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo :

1. Kayu Manis Dan Madu
Membuat Masker dari Madu dan Kayu Manis
Didalam kayu manis dan madu memiliki antibiotik yang dapat membunuh secara perlahan bakteri pada wajah dan kulit. Serta memiliki kandungan protein yang dapat meregenerasi kulit yang mati.
Cara Pembuatan :
- Cara pertama adalah dengan mencampur tiga sendok makan madu dan satu sendok bubuk kayu manis ke dalam wadah kecil.
- Setelah itu aduk hingga merata dan oleskan pada wajah.
- Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
- Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Putih Telur
Cara kedua adalah dengan menggunakan putih telur ayam yang kaya akan nutrisi.
Cara Pembuatan :
- Pecahkan telur ayam lalu pisahkan kuning serta putihnya, lalu kocok hingga putih telur mengembang.
- Setelah mengembang oleskan pada wajah atau pada bagian kulit yang ditumbuhi komedo.
- Diamkan selama 10 sampai 15 menit setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan.
- Putih telur yang masih tersisa dapat disimpan di lemari es dan dapat digunakan kembali. cara ini juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.

3. Baking Soda
Cara ketiga adalah dengan menggunakan baking soda, baking soda yang bersifat eksfoilan dapat mengikis kulit mati pada kulit dan membersihkan pori-pori pada wajah.
Cara Pembuatan :
- Campur satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air hangat lalu aduk hingga merata.
- Setelah itu oleskan pada wajah diiringi oleh pijatan yang memutar selama kurang lebih 2 sampai 4 menit.
- Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan.
- Catatan, jangan terlalu lama mengoleskannya pada wajah karena dapat membuat wajah menjadi kering.

4. Lidah Buaya
Cara Keempat adalah dengan tanaman lidah buaya yang mengandung hormon giberelin dan auksin yang mampu mencegah peradangan pada kulit wajah.
Cara Pembuatan :
- Caranya adalah pisahkan gel dari kulit lidah buaya dan letakan pada wadah kecil.
- Setelah itu oleskan gel pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
- Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
- Lakukan secara rutin hingga komedo hilang, dengan lidah buaya juga dapat anda gunakan sebagai salah satu cara memutihkan wajah anda.

5. Lemon
Cara yang kelima adalah dengan menggunakan air lemon, asam hidroxi dan alpha dalam lemon mampu menghilangkan komedo.
Cara Pembuatan :
- Belah lemon menjadi dua bagian, setelah itu teteskan satu sendok teh madu pada satu bagian.
- Lalu usapkan bagian lemon yang sudah diberi madu pada bagian yang berkomedo.
- Diamkan selama 5 sampai 8 menit setelah itu bilas dengan air dingin, lakukan selama 3 sampai 4 kali seminggu.

6. Pasta Gigi
Cara yang keenam adalah dengan pasta gigii, selain untuk membersihkan gigi pasta gigi juga dapat menghilangkan komedo.
Cara Pembuatan :
- Oleskan pasta gigi pada bagian yang berkomedo
- Diamkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air hangat.
- Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu hingga komedo hilang.

7. Kulit Jeruk
Cara yang ketujuh adalah dengan menggunakan kulit jeruk, kulit jeruk mengandung vitamin C juga asam alpha hidroxi dapat membersihkan pori-pori wajah dan mengangkat sel kulit mati.
Cara Pembuatan :
- Kupas kulit jeruk lalu keringkan dibawah sinar matahari hingga kering.
- Setelah kering haluskan kulit jeruk hingga membentuk bubuk lalu campurkan dengan air hingga membentuk pasta.
- Setelah jadi bahannya, oleskan pada kulit dan diamkan selama lima menit.
- Kemudian bilas dengan air biasa dan keringkan

Demikian pembahasan tentang beberapa cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengecilkan pori-porin dan membersihkan komedi dengan optimal dan aman. Semoga bermanfaat. Terimaksih
Search form
Display RSS link.
Link
Friend request form

Want to be friends with this user.